Follow by Email

Kamis, 05 Mei 2011

Step By Step sablon dengan transfer paper

.
Di Tutorial step by step ini sekali lagi Saya coba mencontohkan sedetail mungkin supaya para jurangan2 sekalian bisa faham cara penggunaannya. Tapi ini juga bukan petunjuk yang baku, mungkin juga ada cara lain yang lebih bagus. Tetapi ini hanya contoh yang paling dasar aja cara pengerjaan sablon dengan transfer paper.

1. Ini adalah contoh transfer paper .


2. Print kertas Coastal dengan settingan di printer untuk Jenis kertasPLAIN PAPER lalu untuk qualitynya : lebih baik menggunakanPHOTO. Tetapi pake BEST PHOTO juga bisa. Hanya untuk beberapa kasus dengan tinta yg kurang baik terjadi kasus luntur. Jika nanti hasil print kurang bright menurut jurangan, bisa dilakukan print 2 kali. Contoh yang Sy tampilkan ini, di print 2 kali.




3. Lalu , ini penting. Gambar yang sudah di print harus digunting/ ditrim yang tidak mau ditampilkan di kaos nantinya. Trim/ Gunting serapi2 nya. Kalo punya mesin cutting yang bisa countour cut bisa menggunakan mesin tersebut untuk nge-trim/ mengguntingnya.


5. Panaskan dahulu kaos yang ingin disablon. Selain nanti bagian yang mau disablon rapi, juga supaya kaos yang mau disablon tidak lembab ( Tidak mengandung air kaosnya ). Supaya benar2 kering, sehingga sablonan akan menempel dengan sempurna.


6. Setelah dipanaskan, sekarang saatnya mengatur tata letak gambar yang akan disablon. Untuk mengatur tata letaknya, Juragan tidak perlu mengatur dibawah plat mesin press yang panas tersebut. Taruh aja kaos yang akan disablon di meja, atur tata letak gambar di kaos yang akan disablon. Setelah itu, tutupi gambar yang akan disablon dengan Silicon Sheet. Lalu dengan menggunakan setrikaan, Setrika sebentar gambar yang tadi sudah diatur. Nah, sudah. Gambar sudah tidak akan bergerak lagi.



7. Setelah gambar disetrika sebentar da sudah tidak bergerak lagi, baru kita bawah menuju mesin heat press. Sebelum di press, tutupi sablon sekali lagi dengan Silicon Sheet. Setelah itu Press dengansuhu 175 derajat selama 15 detik. Tunggu sampai alarm bunyi.


8. Setelah Alarm bunyi, angkat tuas perlahan2.( Jangan dibuka dengan cepat). Kenapa? ini untuk memperkecil hasil sablonan ujung2nya terangkat. Lalu baju jangan diangkat dahulu, diamkan selama 10-15 detik, baru angkat perlahan2 dari mesin press. Ini juga dilakukan supaya memperkecil ujung2 dari hasil sablon ngak nempel maksimal. Setelah Baju ditaruh dimeja, biarkan dahulu sampai dingin.


9. Setelah dingin, baru Silicon Sheet baru boleh dikelet. Hasil kurang lebih harus seperti yang tertera digambar. Hasil sablonan hampir menyatu dengan bahan. Kalo dilihat dari dekat, hasil sablonan terlihat tekstur garis2 dari serat kaosnya.




10. Hasil sablonan baju, setelah ditambah sedikit dengan Flex Glitter.



Semoga sedikit tutorial step by step ini dapat menolong juragan2 sekalian.

NB : Lebih baik setelah selesai, di press sekali lagi dengan suhu dan waktu yang sama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar