Kamis, 05 Mei 2011

Mengapa disebut SABLON DIGITAL?


DIGITAL SABLON? Sebenarnya tidaklah semurni sebutan nama beken-nya, karena dalam bisnis usaha digital sablon ini terkandung beberapa teknik produksi digital printing yang amat berlainan cara kerjanya. Karena kepraktisan serta kekompakan pada ukuran alat-alat produksinya dan kemudahan dalam memproduksinya, maka digabunglah semua alat-alat tersebut dalam suatu paket usaha yang cukup kompak dan produktif. Inilah salah satu trend dunia usaha yang sedang hot dan berkembang secara cepat.
Teknik pengepresan panas pada hasil sablon kaos diadaptasi dari teknik sejenis di industri garmen modern. Alat ini kini bisa digunakan pada skala usaha home industri.
Begitu juga teknik pad printing yang telah lama digunakan dalam industri keramik atau glassware (mug, gelas, piring, mangkuk, cangkir, botol, dsb), kini dikembangkan sebagai bentuk mesin produksi pad printing untuk skala usaha yang lebih kecil agar lebih praktis dan kompak.  
Pada teknik pembuatan pin juga berlaku hal yang sama, mesin produksi pengepresan pin kini dibuat lebih simple lagi dalam ukuran yang relatif kecil dan praktis.
Teknik cetak ploting juga sudah dikenal dalam memproduksi gambar-gambar ukuran besar. Dan di bisnis digital sablon ini diadaptasi sebagai alat produksi sticker cutting, digital printing (small size banner) atau sebagai output untuk design berukuran kecil tapi dilay-out dalam jumlah massal dan diprint-out ukuran besar. 

Berikut dibawah ini beberapa contoh alat-alat produksi pada usaha digital sablon yang umum digunakan:

SABLON DIGITAL: T-SHIRT – KAOS – KEMEJA – SERAGAM – MINI BANNER
Sejalan dengan perkembangan teknologi maju ke arah digital, kami melakukan pengembangan dan inovasi dengan meluncurkan produk-produk dengan sistem digital di bidang sablon, sehingga memungkinkan anda untuk menerima pesanan dalam jumlah yang minim (1 pcs) dengan harga yang terjangkau. Kualitas sablon pun jauh lebih bagus dibandingkan sablon manual (konvensional).
Proses pengerjaannya pun sangatlah mudah, anda hanya butuh waktu 30 detik saja untuk menyablon satu t-shirt, proses pengerjaan yang tidak mungkin dapat dilakukan dengan sablon manual.
Gambar yang diperoleh lebih tajam dan hi-res. Memungkinkan bagi anda untuk mengabadikan gambar atau foto di media T-Shirt, Keramik, Piring. Untuk bahan yang mengandung polyester di atas 35% anda cukup menggunakan media kertas HVS, untuk bahan katun, anda dapat menggunakan media kertas transfer paper.
Pada umumnya mesin ini diimport dari luar Indonesia alias barang import dengan variasi harga diatas 12jt - 25jt
Dewasa ini sudah banyak mesin hot press ini yang diproduksi oleh tenaga professional dalam negeri. Masing-masing produsen punya spesifikasi dan karakteristik yang khusus yang membedakan dengan produsen lainnya. Mesin lokal ini dilengkapi dengan elemen heater berdaya tahan baik dan tidak banyak memakai daya listrik. Mesin hot press ini hanya berdaya 900 - 2000 watt. Harganya pun pasti dibawah rata-rata harga mesin hot press buatan import.
Mesin lokal memiliki keunggulan tersendiri dibanding dengan mesin import, antara lain : komponennya mudah didapat, after sales service lokal yang relatif mudah dan kooperatif. Hal seperti inilah yang harus menjadi pertimbangan anda sebelum membeli barang.
FOIL
>> Apa beda foil digital dengan foil konvensional?
Lembaran Foil digunakan pada pembuatan produk kain, seperti : Kaos, Topi, Kemeja, dll. Dari hasil pencetakan menggunakan lembaran foil bias didapatkan efek kilau seperti emas, perak, tembaga, merha, hijau biru, dll. Pada foil untuk digital sablon, efek mengkilatnya begitu memukau sangat berbeda dengan hasil foil pada proses cetak hot stamping konvensional yang terkesan tenggelam efek warnanya. Ada juga glitter (bintik-bintik mengkilat) yang dipakai pada produksi sablon digital. Efeknya juga lebih bagus daripada glitter sablon bisa (konvensional), yakni tidak meninggalkan bekas bubuk di angan anda bila diraba permukaannya.
SABLON MUG
Alat pad printing ini sangatlah cocok untuk investasi skala kecil dan menengah. Karena hanya dengan modal sedikit anda bisa mendapatkan keuntungan sampai 100%. Proses pengerjaannya pun tergolong mudah (orang yang awam pun bisa). Mesin sablon ini (pad printing) sanggup menyelesaikan pekerjaan sablon sebuah buah mug hanya dalam waktu kurang dari 4 menit saja. Hasil yang dicetak sangat tajam dengan kualitas foto.
Dengan teknologi yang ada saat ini memungkinkan anda dapat melakukan sablon mug dalam jumlah satuan kecil. Pemesanan order tidak lagi menerapkan system minimal order, pesan banyak atau hanya satu buah bisa anda layani. Tentunya semakin banyak jumlah ordernya, akan semakin murah lagi harga satuannya.
Biasanya mesin digital sablon untuk mug ini juga barang import. Tapi sudah banyak mesin made ini Indonesia beredar di pasaran.
Mesin ini sangat cocok untuk memproduksi souvenir dan tool kit events:
Acara Ulang Tahun, Perkawinan, Seminar, Reuni, Kado, Launching Produk
Event Orginaizer, Corporate, Instansi Pemerintah. Lembaga pendidikan
- Kampanye PILKADA, Tempat Wisata dan Rekreasi.
- Aksesoris untuk perayaan hari-hari besar, dll
Harga mesin sablon mug berkisar dari Rp. 7jt – 9,5jt

PRESS PIN
Mesin Press Pin ini sudah banyak diproduksi oleh ahli lokal. Mesini ini gunanya untuk membuat berbagai variasi pin button secara instant. Mesin ini merupakan suatu investasi yang menjanjikan, karena segmentasi pasar yang luas dengan beragam usia, konsumennya bisa berasal dari perorangan, organisasi atau instansi.
Proses dan pengerjaannya sangatlah mudah. Untuk membuat sebuah pin, anda hanya memerlukan waktu kurang dari 15 detik. Tanpa perlu listrik, tanpa kertas khusus. Anda hanya perlu mencetak gambar atau obyek foto pemesan dengan menggunakan printer inkjet bisaa. Kemudian anda press gambar tersebut dengan bahan pin menggunakan mesin pin press tersebut. Dalam sekejap gambar tadi akan menjadi pin button yang unik dan menarik. Pemesanan pin bisa dilakukan dalam jumlah satuan kecil (1 pc). Tidak ada minimal order. Keuntungan dari penjualan pin persatuannya bisa mencapai 400%. Fantastik!
Untuk merubah ukuran anda tidak perlu membeli mesin baru, cukup mengganti moulding (model cetakan) dengan ukuran yang anda inginkan.
Saat ini banyak mesin pin di pasaran sudah tersedia dalam 4 ukuran moulding:
- Pin Moulding ukuran 32 mm
Pin Moulding ukuran 44 mm
Pin Moulding ukuran 58 mm
Pin Moulding ukuran 75 mm
Pembelian mesin pres pin ini tersedia dalam bentuk PAKET yang didalamnya sudah termasuk alat Pemotong Khusus (circle cutter) sejumlah (500 - 1000 pcs) material pin Dengan Circle Cutter, anda tidak perlu menggunting bentuk bulat, sehingga memudahkan proses kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar